MAKE YOU ALWAYS COOL, CALM AND CONFIDENCE

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Hubungan sosial dan ekonomi negara dengan gaya hidup masyarakat Sumber:

Jumat, 30 Desember 2011 , Posted by Fashion at 19.50


  • Bersama tulisan ini dapat kiranya mengupas sedikit tentang masalah sosial yang terjadi dimasyakat kita khususnya masyakat indonesia pada saat ini. pada saat sekarang ini terjadi resesi ekonomi yang kuat dari belahan benua Eropa yang terkenal akan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakatnya. namun pasti kita bertanya-tanya kenapa negara-negara eropa yang rata-rata adalah negara dengan ekonomi tingkat teratas dunia saat ini mulai kewalahan menahan laju kritis ekonomi yang sedang melanda benua eropa jawaban salah satunya adalah gaya hidup dari masyarakat Eropa dan arah kebijakan ekonomi mereka yang membuat kondisi tersebut bisa terjadi. tidak dapat dipungkiri bahwa krisis tersebut akan secara cepat dapat menjalar kenegara-negara Asia, terutama negara yang mempunyai perekonomian yang kuat seperti Jepang dan Korea Selatan. penyebabnya tidak lain adalah gaya hidup masyarakat dan kebijakan ekonomi kedua negara tersebut hampir menyamai negara-negara eropa. sejalan dengan mengguncangnya ekonomi negara produksi tersebut maka imbasnya akan berdampak pada perekonomian bangsa ataupun negara di Asia Tenggara yang perekonomiannya bergantung pada kedua negara tersebut. terutama pada masalah impor dan ekspor yang menjadi tulang punggung perekonomian negara-negara Asia Tenggara.
    Indonesia adalah salah satu negara yang di khawatirkan akan mengalami dampak dari krisis ekonomi tersebut, karena masih terbayang bencana ekonomi yang melanda negara ini seperti yang terjadi pada tahun 1997 yang lalu. untuk itu mari kita sejenak merenungkan,merumuskan dan melaksanakan apa dan bagaimana solusinya jika kekhawatiran tersebut diatas benar terjadi dinegara ini. siapkah masyarakat menghadapi segala kemungkinan terburuk seperti krisis ekonomi yang terjadi di Yunani pada saat ini ?.untuk itu maka seharusnya pemerintah bersama masyakat indonesia sendiri mulai menata masing - masing apa yang harus ditingkatkan dan apa yang harus diperbaiki demi kehidupan bangsa ini kedepan. yang paling di utamakan adalah bagaimana pemerintah mengatur gaya hidup bangsanya dan masyarakat itu sendiri sadar dan mau merubah gaya hidup yang lebih baik dengan tidak mengabaikan sejarah kultural bangsa indonesia itu sendiri.
    sebagai contoh :

    Pemerintah


    pemerintah harus merumuskan, merencanakan dan melaksanakan kebijakan pembangunan ekonomi dan fisik yang berpihak atas kepentingan masyakat banyak. misalnya dalam pelaksanaan pembangunan pelayanan dan fasilitas transportasi publik, pemerintah setidaknya membuat kebijakan yang tegas dan terarah sehingga masyakat dapat menikmatinya dengan nyaman dan dengan biaya yang terjangkau. disamping itu pemerintah juga harus mengatur dan menertibkan aturan segala pembiayaan kepemilikan kendaraan dengan menggunakan hutang yang terlalu dipermudah oleh lembaga/perusahaan keuangan pemerintah maupun swasta, sebab jika terjadi krisis ekonomi maka pemerintah harus menanggung segala masalah keuangan lembaga/perusahaan yang terancam kolaps tersebut dengan dalih mereka adalah salah satu pondasi ekonomi negara yang bersekala Nasional ataupun Internasional sehingga harus diselamatkan dengan menggunakan kas negara yang menghabis ratusan triliunan uang negara.

    Masyarakat


    masyarakat adalah pemeran paling penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. tanpa masyarakat negara itu tidak akan ada, karena masyarakat lah yang mempunyai peran dalam kehidupan sosial dan gerak perekonomian suatu bangsa dan negara. pada masa reformasi yang telah bergulir, masyarakat mempunyai hak memilih para wakil nya dan para pemimpin wilayah dan negara yang diambil dari unsur masyarakat itu sendiri. oleh karena itu masyarakat lah yang menjalankan kehidupan sosial dan ekonomi dengan diatur dan diarahkan oleh pemerintah yang telah dipilihnya. tetapi di dalam diri masyarakat itu sendiri harus bisa dan juga jeli dalam menyeleksi serta memilah baik dan buruk aturan dan arah kehidupan yang dibuat oleh orang-orang yang dipilihnya, apakah harus diikuti ataupun tidak. sebab tidak selamanya apa yang telah dibuat oleh pemerintah itu telah sempurna , terkadang malah akan menjerumuskan masyarakat kedalam kehidupan tidak baik karena memihak kepada kepentingan-kepentingan tertentu. masyarakat secara tidak lansung harus cepat mengambil sikap dan menyadari hal-hal tersebut.
    namun daripada itu ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian dari masyarakat itu sendiri dalam tujuan untuk menuju ke arah kehidupan yang baik secara sosial dan ekonomi. salah satu unsur yang mempengaruhinya adalah gaya hidup dari masyarakat itu sendiri. ada beberapa gaya hidup yang dapat diambil dari kultural bangsa kita sendiri seperti :
    1. Hidup sederhana
    2. Tumbuhkan sikap peduli dan tolong menolong antar sesama masyarakat
    3. Tetap tanamkan dan tumbuh kembangkan sikap gotongroyong.
    4. Tanamkan sikap Nasionalisme yang kuat terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.
    5. Selalu berjuang tanpa kenal menyerah tehadap permasalahan apaun yang melanda bangsa dan negara ini.

  • kenapa hal-hal tersebut diatas perlu dilakukan ? sebab masyarakat lah yang sebenarnya nahkoda dari negara ini walaupun pemimpin tertinggi adalah harus di bahu satu orang, namun orang tersebut adalah berasal dari masyarakat itu sendiri. apapun masalah yang dihadapi negara dan bangsa pasti akan dapat diatasi.

    Currently have 0 komentar:

    Leave a Reply

    Posting Komentar

    Entri Populer

    Latest News